Pondok Pesantren di Kota Bandar Lampung

Yayasan Pondok Pesantren Darussa’adah, merupakan organisasi sosial keagamaan yang terus berusaha membangun moral masyarakat melalui bidang agama dan melaksanakan usaha kesejahteraan sosial dengan melakukan santunan, bimbingan, pendidikan, dan pembinaan anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu melalui pengembangan pendidikan agama Islam sehingga diharapkan menciptakan out put, sumber daya manusia yang berakhlak mulia, bertaqwa, dan berilmu pengetahuan.

Yayasan Pondok Pesantren Darussa’adah ini berdiri pada tanggal 20 april 2001.  Dan telah didaftarkan dalam registrasi Yayasan/ Badan Sosial sebagai realisasi Keputusan Gubernur KDH TK.I Lampung No/ 009/ BP3D/ 02/ 90 tanggal 23 Maret 1990 tentang Kewajiban Mendaftarkan dan Memiliki  Tanda Daftar Yayasan/ Badan Sosial.

Bebarapa tujuan didirikannya Yayasan ini adalah sebagai berikut :


  1. Menyantuni dan mengasuh anak-anak yatim atau piatu atau yatim piatu yang berasal dari  keluarga tidak mampu dari segi ekonomi di dalam menempuh pendidikan.
  2. Membimbing dan mendidik sumber daya manusia secara umum untuk menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berkualitas, serta memiliki wawasan ilmu pengetahuan.
  3. Mengangkat derajat dan martabat kaum Dhuaffa hingga terwujud manusia yang mandiri.
  4. Sebagai lembaga sosial yang tujuan utamanya dalam membina, mendidik, dan  mengarahkan masyarakat fakir miskin dan kurang mampu agar dapat mendapat Pendidikan Agama, khususnya agama Islam.
  5. Menjunjung tinggi dalam nilai kemanusiaan dan mensejahterakan umat manusia lahir batin serta kesetiakawanan sosial.


VISI dan MISI

Yayasan Pondok Pesantren Darussa’adah memiliki Visi :

Visi

Melaksanakan usaha kesejahteraan sosial dengan melakukan santunan, bimbingan, pendidikan, dan pembinaan anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu dan bidang pendidikan agama islam untuk menciptakan sumber daya manusia yang berahlak mulia, bertaqwa, dan berilmu pengetahuan

Misi


  1. Menyantuni dan mengasuh anak-anak yatim piatu yang berasal dari keluarga tidak mampu dari segi ekonomi di dalam Yayassan Pondok Pesantren Darussa’adah.
  2. Membimbing dan mendidik sumber daya manusia yang kurang mampu untuk menjadi sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, berkwalitas, serta memiliki wawasan ilmu pengetahuan.
  3. Mengengkat derajat dan martabat kaum Dhu’affa hingga terwujud manusia yang mandiri.
  4. Sebagai lembaga sosial yang tujuan utamanya dalam mebina, mendidik, dan mengarahkan masyarakat fakir miskin dan kurang mampu agar mendapat pendidikan agama, khususnya agama islam.
  5. Menjujung tinggi dalam nilai kemanusian dan menyejahterakan umat manusia lahir batin serta kesetiakawanan sosial.


Alamat Pondok Pesantren Darussa’adah.

Yayasan ini berlokasi di jalan Purnawirawan7, Gg. Hi. Abdul Latif, Kel. Gunung Terang, Kec. Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Yang sangat strategis dengan keberadaan beberapa sekolah formal yang ada disekeliling Pondok Pesantren.

Sarana dan Prasarana.

Yayasan ini mempunyai beberapa bangunan asrama santri, ruang belajar dan mengajar, MCK, lapangan olahraga, kantor, serta tempat ibadah, yang berdiri diatas tanah seluas 800 m2.
Saat ini pada tahun 2015 jumlah santri Yayasan Pondok Pesantren Darussa’adah adalah 35 orang (9 Santri tetep) dan (26 Santri Tidak tetep).  Tenaga pengajar  Yayasan Pondok Pesantren Darussa’adah berjumlah 3 orang.

Santri-santri Yayasan Pondok Pesantren Darussa’adah diberikan beberapa keterampilan dalam bidang seni. Diantaranya adalah, seni tilawah, seni marhaban, seni bermain alat musik Hadrah (rebana/gendang), seni marawis, pidato, Al-Berjanji.
Adapun pelajaran yang diberikan kepada para santri Yayasan ini adalah ilmu-ilmu tentang agama, khususnya agama Islam. Santri diberikan pengetahuan agama islam secara intensif dan setiap harinya.

Yayasan Pondok Pesantren Darussa’adah sendiri tergolong pesantren Salafiyah yang berasaskan pada ajaran Ahlus-Sunnah Wal Jamaah yang memegang teguh pada ajaran utama agama islam, yaitu al-Qur’an dan al-Hadits (sunnah).

Kitab-kitab yang dipelajari dalam Pesantren ini adalah kitab Fiqih, Aqidah-Akhlaq, Tauhid, Tafsir Al-Qur’an, Hadits, Tasawuf, Nahwu-Shorof, Bahasa Arab, dan Tahfidz Al-qur’an.

Kitab-kitab yang dikaji adalah kitab-kitab kuning yang biasa dipakai di pesantren-pesantren pada umumnya di Indonesia. Dalam kajian dan pembahasannya, bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Jawa Melayu (Banten), Sunda, Arab, Indonesia.

Yayasan Pondok Pesantren Darussa’adah juga tidak hanya memberikan pendidikan bagi para santri yang bermukim di asrama. Kegiatan lain yang biasa dilakukan diluar lingkungan pesantren adalah mengadakan pengajian rutin bersama masyarakat sekitar lingkungan Pondok Pesantren Darussa’adah yang bertujuan menciptakan masyarakat bertaqwa, yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, bermartabat, dan intelektual.

Sesuai dengan tujuan didirikannya yayasan ini, membimbing dan mendidik sumber daya manusia yang kurang mampu untuk menjadi sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, berkualitas, serta memiliki wawasan ilmu pengetahuan.

Yayasan Pondok Pesantren Darussa’adah sudah mencetak santri-santri yang berprestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh para santri antara lain adalah juara tilawah al-quran, juara pidato, utusan fasilitator Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) Badan Narkotika Nasional termuda di Indonesia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan ada beberapa santri yang menempuh pendidikan Perguruan tinggi. Baik di UNILA, UMITRA, IAIN, DCC Bandar Lampung, Teknokrat, UBL Ataupun Darmajaya.

Posting Komentar untuk "Pondok Pesantren di Kota Bandar Lampung"