Santri Darussa’adah Rutin Bersih-Bersih Pondok


Kegiatan roan menjadi rutinitas Pondok Pesantren Darussa’adah setiap hari minggu pagi setelah selesai mengaji. Di mulai dari subuh hari para santri wajib melaksanakan sholat subuh berjamaah lalu dilanjut ngaji kitab fathul qorib yang langsung dijelaskan oleh Abah Pengasuh Pondok Pesantren Darussa’adah.

Setelah selesai mengaji para santri langsung melakukan bersih-bersih pondok bersama atau dalam dunia pesantren biasa disebut raon.

Islam mengajarkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesucian, seperti sabda Nabi SAW :
الطهور شطر الايمان
(kesucian adalah sebagian dari iman).

Karena yang bersih belum tentu suci dan yang suci biasanya bersih. Maka dari itu para santri di didik untuk gotong royong dalam menjaga kebersihan pondok. Biasanya, lurah pondok membagi tugas untuk membersihkan bagian kamar asrama, majelis, halaman, dapur, kamar mandi dan bagian lain yang berada di pondok.

Roan menjadi wadah tersendiri untuk Pondok Pesantren yang berada di Bandar Lampung ini. Waktu roan, para santri saling berkomunikasi dan gotong royong untuk membersihkan area pondok. Di sela-sela kegiatan tersebut mereka saling berbagi cerita, guyon, dan saling membantu agar lingkungan pondok menjadi lebih bersih. Sehingga dapat menambah keakraban para santri dan mempererat tali silaturahmi.

Posting Komentar untuk "Santri Darussa’adah Rutin Bersih-Bersih Pondok"